Cyber security, atau keamanan cyber, yakni disiplin yang bertujuan melindungi metode komputer, jaringan, perangkat, dan data dari ancaman dan serangan cyber. Berikut ialah beberapa langkah umum yang diambil dalam sistem kerja cyber security:

1. Identifikasi Ancaman

Sebelum bisa melindungi suatu cara, penting untuk mengidentifikasi potensi ancaman yang mungkin mengancam keamanannya. Ini dapat termasuk serangan seperti malware, phishing, serangan DDoS, dan lain-lain.

2. Proteksi dan Pemantauan

Firewall: Mengaplikasikan firewall untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dari sistem.

Antivirus: Menggunakan perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi dan menghapus malware yang dapat merusak metode.

Enkripsi: Melindungi data peka dengan memakai teknik enkripsi sehingga hanya pihak yang berwajib yang bisa mengaksesnya.

3. Deteksi Ancaman

Sistem Deteksi Intrusi (IDS): Memantau aktivitas jaringan untuk mendeteksi perilaku yang mencurigakan yang bisa memperlihatkan adanya serangan.

Cara Deteksi Anomali (ADS): Mengidentifikasi pola yang tak awam dalam lalu lintas jaringan atau kegiatan sistem yang mungkin menggambarkan adanya ancaman.

4.Tanggapan Terhadap Insiden

Tim Keamanan: Mempunyai tim yang siap tanggap untuk menangani insiden keamanan cyber secara kencang dan tepat sasaran.

Pemulihan Data: Mempersiapkan rencana pemulihan data untuk mengembalikan sistem ke kondisi normal sesudah serangan.

5. Pendidikan dan Pelatihan

Kesadaran Keamanan: Melakukan pelatihan reguler kepada pengguna tentang praktik keamanan cyber yang bagus untuk mencegah serangan seperti phishing.

6. Pemantauan dan Penilaian

Audit Keamanan: Melaksanakan audit keamanan secara terstruktur  untuk mengukur efektivitas langkah-langkah keamanan yang telah diimplementasikan dan mengidentifikasi zona yang membutuhkan koreksi.

7. Pembenaran dan Penyesuaian

Update dan Patch: Menetapkan cara dan perangkat lunak terbaru selalu terpasang dengan update keamanan terupdate untuk memecahkan celah keamanan yang baru teridentifikasi.

Cyber security bukan cuma seputar menerapkan teknologi, tetapi juga melibatkan pengajaran, pengelolaan risiko, dan tanggapan yang pesat kepada insiden. Dengan memahami cara kerja cyber security dan mengimplementasikan praktik-praktik yang tepat, organisasi dan individu dapat mengurangi risiko menjadi korban serangan cyber yang merugikan. Menjaga keamanan cyber bukanlah tugas yang mudah, namun amat penting untuk menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data dan cara komputer.

Bridge Technology Services (BTS.id) akan membantu Anda dalam menangani cyber security sistem. BTS telah memiliki tim yang profesional dan sudah berpengalaman dalam mengatasi cyber attack yang dapat merugikan bisnis Anda. BTS adalah perusahaan cyber security indonesia yang sudah terpercaya. Anda dapat berkonsultasi dengan tim BTS.id dengan mengunjungi website https://bts.id/.

 

Websitenya para pengusaha

Tempatnya mengembangkan bisnismu dengan menyebarkan artikel tentang bisnismu.

Navigasi

Mulai Beriklan

Kontak Kami

Alamat

Bandung, Komplek PU Blok B1 No.10, Kota Bandung, Jawa Barat 40287

Whatsapp 1

+62 896-5223-6201 (Tim Jbiz)

Email

iklan@pengusaha.web.id

© 2023 Jasa Website Bandung  – All Rights Reserved